Active Learning For Kids
Bunda Yes, Bunda Zhu & Bunda Lin
Problem Belajar Siswa
Ini hanya terjadi pada para siswa yang mengandalkan pendengaran
Perhatian siswa berkurang bersamaan dengan berlalunya waktu
Ini cenderung mengarah pada tingkat belajar lebih rendah dari informasi faktual
Ini mengasumsikan bahwa semua siswa memerlukan informasi yang sama dan langkah yang sama
Siswa cenderung tidak menyukainya
(Penelitian dari David Roger Johnson & Kal Smith)
Bagaimana belajar aktif?
Guru aktif = siswa aktif
Prinsip dasar belajar aktif
1. Belajar menyenangkan (Fun Learning)
2.Integrasi (Integration)
3.Kreatif (Creative)
4.Bermakna (Meaningfull)
Kegalauan seputar Metode Active Learning
Apakah belajar aktif hanya sekelompok “kegembiraan” dan “permainan” sehingga menomorduakan akademik?
Bukankah belajar aktif memerlukan waktu banyak? Apakah target kurikulum dapat tercapai?
Akankah pengelompokkan siswa pada metode ini menjadi tidak produktif?
Belajar aktif menambah pekerjaan dan beban guru
Perlu biaya besar dan fasilitas mendalam mewah dalam menerapkan metode ini?
Sulit beradaptasi pada saat masuk ke jenjang sekolah dasar yang tidak menggunakan metode ini
Manfaat Active Learning
Motivasi dan cinta belajar
Efisiensi waktu
Merangsang siswa untuk berpikir kritis
Mengoptimalkan 4 kecerdasan anak
Lebih aplikatif
kreatif
Bunda Yes, Bunda Zhu & Bunda Lin
Problem Belajar Siswa
Ini hanya terjadi pada para siswa yang mengandalkan pendengaran
Perhatian siswa berkurang bersamaan dengan berlalunya waktu
Ini cenderung mengarah pada tingkat belajar lebih rendah dari informasi faktual
Ini mengasumsikan bahwa semua siswa memerlukan informasi yang sama dan langkah yang sama
Siswa cenderung tidak menyukainya
(Penelitian dari David Roger Johnson & Kal Smith)
Bagaimana belajar aktif?
Guru aktif = siswa aktif
Prinsip dasar belajar aktif
1. Belajar menyenangkan (Fun Learning)
2.Integrasi (Integration)
3.Kreatif (Creative)
4.Bermakna (Meaningfull)
Kegalauan seputar Metode Active Learning
Apakah belajar aktif hanya sekelompok “kegembiraan” dan “permainan” sehingga menomorduakan akademik?
Bukankah belajar aktif memerlukan waktu banyak? Apakah target kurikulum dapat tercapai?
Akankah pengelompokkan siswa pada metode ini menjadi tidak produktif?
Belajar aktif menambah pekerjaan dan beban guru
Perlu biaya besar dan fasilitas mendalam mewah dalam menerapkan metode ini?
Sulit beradaptasi pada saat masuk ke jenjang sekolah dasar yang tidak menggunakan metode ini
Manfaat Active Learning
Motivasi dan cinta belajar
Efisiensi waktu
Merangsang siswa untuk berpikir kritis
Mengoptimalkan 4 kecerdasan anak
Lebih aplikatif
kreatif
No comments:
Post a Comment